Nomor         : 032/LPPM-STOK-BG/XII/2021

Lampiran    : –

Perihal        : Update Profil Sinta dan Google Scholar

Dengan Hormat,

Dalam melakukan pendataan, pemetaan, dan pengukuran kinerja hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen di Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Saat ini sudah terdaftar di akun Sinta dan Google Scholar sebanyak 22 Dosen. Berkenaan dengan tersebut Bapak/Ibu diminta untuk melakukan pemutakhiran data sebagai berikut:

  1. Update profil Author pada menu “Update Profile” dengan mengisi Publon ID dan Garuda ID dan melakukan sinkronisasi dokumen dengan menekan tombol “Request Sync” pada menu “WoS Document” dan “Garuda Document”. Panduan pembuatan Publon ID dan Garuda ID dapat dilihat melalui tautan: http://bit.ly/Sinta-AuthorIDPublons  dan  http://bit.ly/Sinta-AuthorIDGaruda
  2. Update artikel pada laman website google scholar

CARA MEMASUKKAN / MENAMBAHKAN ARTIKEL ILMIAH DI GOOGLE SCHOLAR

Cara memasukkan atau menambahkan atikel ilmiah ke Google Scholar secara manual adalah sebagai berikut:

A. Login ke Google Scholar

Anda hanya dapat login dengan menggunakan alamat email institusi. Jika Anda belum memiliki akun Google Scholar dapat mendaftar terlebih dahulu disini.

B. Klik ‘Tombol +

Setelah Anda klik ‘Tombol +’ yang berada dibawah foto profil Anda, maka segera muncul beberapa opsi pilihan seperti pada gambar. Anda dapat menambahkan anggota tim penulis artikel, menambahkan artikel secara otomatis, menambahkan artikel secara manual dan update akun Google Scholar milik Anda.

C. Pilih ‘Tambahkan Artikel Secara Manual’

Jika Anda ingin menambahkan artikel yang sudah publish namun belum terindeks di Google Scholar, Anda dapat memilih opsi ‘Tambahkan Artikel Secara Manual’. Akan tetapi kalau Anda memilih ‘Tambahkan Artikel’ maka Anda akan diarahkan untuk menambahkan secara otomatis.

Setelah Anda memilih ‘Tambahkan Artikel Secara Manual’, Anda diberikan pilihan jenis artikel yang ingin Anda masukkan. Apakah berupa jurnal, proseding hasil seminar nasional maupun internasional, book chapter, buku, tesis, paten, dan lain sebagainya. Anda dapat mengisi kolom yang disediakan menurut keperluan.

Misalnya Anda ingin memasukkan jurnal ilmiah, maka Anda perlu menuliskan judul, pengarang, tanggal terbit, nama jurnal, jilid, terbitan, halaman dan penerbit seperti tampak pada gambar.

KEUNGGULAN CARA MANUAL

Cara memasukkan artikel ilmiah ke Google Scholar dengan cara otomatis memang lebih cepat, namun kadang tidak tepat cara memasukkannya. Kadang artikel milik orang lain masuk dalam list di akun Google Scholar Anda. Tapi kalau Anda menggunakan cara manual, Anda dapat menentukan artikel dengan tepat.

Demikian Surat Pemberitahuan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *